Arifin Tjokro – Hal Yang Harus Dihindari Saat Di Puncak Kesuksesan

Saat berada di puncak kesuksesan dan kemampuan finansial yang memadai akan membuat banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mencukupi kebutuhan pribadi, hingga membantu orang lain yang membutuhkan.

Menurut Arifin Tjokro, banyak orang yang bekerja keras bahkan lupa waktu demi mencapai kemapanan finansial yang diidamkan ini, dan perlu diketahui juga bahwa pengelolaan uang yang tepat harus digalakkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatur uang agar tidak terjebak pada berbagai kesalahan finansial? Apa yang harus dilakukan dan apa pula yang harus dihindari? Di artikel ini Arifin Tjokro akan memaparkan kiat-kiatnya.

 

  • Jangan Pernah Berhutang Tanpa Melakukan Perbandingan

 

Hutang bukanlah hal yang haram bagi Anda yang ingin mapan secara finansial. Uang pinjaman bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha, membeli properti, hingga dimanfaatkan sebagai modal investasi. Satu hal yang harus diingat sebelum mengajukan hutang agar tidak terjebak pada jebakan pinjaman yang membuat bangkrut adalah jangan pernah mengajukan hutang tanpa pertimbangan matang.

Sekarang banyak pilihan pinjaman yang ditawarkan oleh institusi keuangan. Ada kredit dengan bunga ringan, pinjaman dengan agunan, hingga kredit tanpa agunan(KTA). Sebelum mengajukan pinjaman, riset dulu jenis kredit yang paling cocok untuk keperluan Anda. Bandingkan semua pilihan yang ada, sesuaikan dengan kemampuan bayar dan kebutuhan yang akan Anda hadapi.

 

  • Hanya Beli Barang yang BENAR-BENAR Anda Butuhkan

 

Seiring tingginya penghasilan, secara logis seharusnya Anda lebih mampu untuk menyimpan lebih banyak uang. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan justru sering sebaliknya. Makin tingginya tingkat penghasilan justru berbanding lurus dengan turut meroketnya angka pengeluaran. Alhasil, simpanan yang direncanakan bisa jadi dana darurat dan modal investasi hanya jadi wacana semata.

Tahan diri Anda dan ingatkan diri bahwa uang yang Anda miliki bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

 

  • Jangan Pernah Malas Membandingkan Harga Demi Mendapatkan Penawaran Termurah

 

Uang tidak didapatkan dari pohon di belakang rumah yang bisa dipetik sesuai kebutuhan. Ia diperoleh lewat perjuangan dan kerja keras. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu berusaha mencari harga termurah dalam setiap keputusan finansial yang hendak diambil. Ketika memilih harga TV kabel, misalnya. Membandingkan harga dan mencari penawaran terbaik wajib untuk dilakukan.

Sebanyak apapun uang yang dihasilkan, calon orang kaya justru sadar batas setiap mengeluarkan uang untuk belanja. Kebiasaan untuk memandang penghasilan sebagai komoditas yang harus terus dikembangkan membuat mereka bisa membedakan mana kebutuhan yang betul-betul krusial, mana yang hanya sebatas keinginan yang bisa ditunda.

Demikian sedikit ulasan dari Arifin Tjokro, mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan saat memiliki banyak uang. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s